Tetap Sehat Saat Liburan? Ini Tipsnya

LIBURAN memang identik dengan bersantai dan menghilangkan kepenatan. Tapi jangan sampai semua itu menjadikan kamu lupa akan kesehatan tubuh. Alih-alih segar usai liburan kamu malah jatuh sakit.

Nah, untuk itu kali ini merahputih.com akan sedikit memberikan kiat-kiat agar kamu bisa tetap sehat meski menjalani liburan. Apa saja itu? Yuks, simak.

Menjaga pola makan

Menjaga pola makan sangat penting saat liburan (Pixabay/Free-Photos)
Menjaga pola makan sangat penting saat liburan (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Pergi berlibur bukan berarti membuat kamu mengubah pola makan. Meski jam makan sedikit bergeser, tapi makanlah sehari tiga kali seperti yang kamu lakukan sebelum berlibur. Selain itu kamu dituntut untuk cerdik memilih makanan. Perhatikan gizinya.

Saat sarapan, kamu bisa memilih menu seimbang seperti protein tinggi, karbohidrat kompleks dan serat. Satu lagi, karena banyak beraktivitas secara otomatis membuatmu cepat dehidrasi. Jadi sering-seringlah minum air.

Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup saat liburan (Pixabay/hans)
Tidur yang cukup saat liburan (Foto: Pixabay/hans)

Biasanya saat liburan tanpa disadari kamu melupakan waktu istirahat. Kamu mungkin tak mau menyia-nyiakan waktu liburan dengan tidur lebih awal, tapi ingat menjaga pola tidur juga sangat penting bagi kesehatan.

Sebenarnya tidur tidak harus 8 jam sehari. Meski sebentar jika tidur kamu berkualitas (deep sleep) maka saat bangun tubuh tetap segar bugar. Jika lokasi wisatanya jauh, kamu juga bisa mencuri-curi waktu untuk tidur seperti saat perjalanan.

Tetap bergerak

Anak-anak mengendarai ATV di JSI Resort (MP/Rizki Fitrianto)
Anak-anak mengendarai ATV di JSI Resort (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Ini yang paling penting. Meski kamu sedang liburan, cobalah tetap bergerak. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di sela-sela waktu. Dengan begitu otot kamu tidak mengalami kekakuan.

Tips lainnya, mungkin kamu bisa memilih tempat liburan yang menyehatkan. Misalnya di JSI Resort Megamendung. Dengan konsep adventure, di sana kamu bisa liburan sambil melakukan aktivitas seperti offroad atau outbound. Selain itu beberapa tipe kamar menuntut kamu harus berjalan kaki.

Itulah beberapa tips dari merahputih agar kamu tetap sehat meski sedang liburan. (yani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *